Home DARAT Kereta Api Pemesanan Tiket Mudik Lebaran Mulai Jumat Depan. Begini Caranya

Pemesanan Tiket Mudik Lebaran Mulai Jumat Depan. Begini Caranya

60
0
SHARE

BANDUNG, (PR).- Mulai pekan depan tiket kereta api untuk masa angkutan Idulfitri 2017 sudah bisa dipesan. Pemesanan tiket mulai bisa dibeli pada H-90 atau tepat Jumat 17 Maret 2017 untuk keberangkatan H-10 sampai dengan H+10 Lebaran.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 2 Bandung Joni Martinus mengatakan dalam tiga bulan ke depan, tepatnya 25-26 Juni 2017 masyarakat di tanah air akan merayakan Hari Raya Idulfitri. Dengan demikian, besar kemungkinan banyak masyarakat yang ingin mudik ke kampung halaman dengan menggunakan kereta angkutan kereta api.

“Kami memprediksi penjualan tiket untuk H-10 yang jatuh pada 15 Juni 2017 sudah banyak masyarakat yang membeli. Karena kemungkinan banyak masyarakat yang ingin mudik lebih dulu ke kampung halaman dengan menggunakan moda angkutan kereta api,” ujarnya di Bandung, Kamis 9 Maret 2017.

Berdasarkan data dari PT KAI Daop 2 Bandung, tercatat rata-rata jumlah penumpang per hari berada pada kisaran 35.000 orang. Sementara itu, pada akhir pekan jumlah tersebut meningkat menjadi 50.000 orang.

Dari sisi jarak tempuh, untuk penumpang jarak jauh rata-rata harian mencapai 7.000 orang dan akhir pekan sebanyak 10.000 orang. Sementara itu, untuk lokal, setiap harinya tercatat jumlah penumpang mencapai 27.000 orang, sedangkan pada akhir pekan meningkat berada pada kisaran 36.000 orang.

Joni mengatakan, untuk pemesanan tiket bisa dilakukan melalui laman dari korporasinya atau melalui aplikasi KAI Access yang bisa diunduh melalui gawai. Selain itu pemesanan juga tersedia secara online di beberapa situs penjual tiket dan gerai minimarket.

“Kami berharap, dengan telah dibukanya pemesanan ini masyarakat bisa lebih matang merencanakan perjalanannya menggunakan kereta api saat Lebaran nanti. Apalagi minat masyarakat selalu tinggi untuk menggunakan angkutan kereta api pada saat Lebaran,” ucapnya.

Sementara itu, sebelumnya di Jakarta Wakil Presiden Komunikasi Perusahaan PT Kereta Api Indonesia Agus Komarudin mengatakan kemungkinan perusahaan akan mengoperasikan tiga rangkaian kereta baru untuk mendukung penyediaan angkutan selama masa mudik Lebaran 2017.

Perusahaan juga sudah menyiapkan server gate untuk mengantisipasi banyaknya calon penumpang yang mengakses situs KAI untuk membeli tiket. Pasalnya, berdasarkan pengalaman sebelumnya, saat akses pemesanan tiket elektronik lewat situs dibuka, jumlah pengakses akan melonjak tajam hingga mencapai tiga juta.

Tahun lalu, PT KAI menyiapkan lebih dari empat juta kursi kereta api reguler atau 200 kursi kereta api reguler per hari untuk angkutan mudik Lebaran 2016. Pada angkutan Lebaran 2016, PT KAI menyediakan 344 perjalanan KA reguler ke Jawa dan Sumatra. Jumlah tersebut naik dari Lebaran tahun sebelumnya yang tercatat 340 perjalanan.

 

Sumber: PR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here