SHARE

YOGYAKARTA – PT Kereta Api Indonesian (KAI) Daerah Operasional (Daops) VI dalam waktu dekat ini, akan mendapatkan dua kereta baru yang dikeluarkan oleh PT Inka (Persero). Kereta api tersebut akan mereka gunakan untuk angkutan Lebaran nanti.

Kepala Daop VI Yogyakarta Hendy Helmy mengatakan, untuk Lebaran nanti akan ada 7 kereta tambahan. Perjalanan akan semakin padat karena sebelumnya sudah ada 20 kereta reguler. Pihaknya menerangkan berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyambut arus mudik dan arus balik pada Lebaran tahun ini.

“Rencananya dalam waktu dekat ada kereta api baru yang dikeluarkan PT INKA. Jika selesai sesuai target, PT KAI Daop 6 akan mendapat jatah tambahan dua kereta,” ujarnya.

Sementara untuk keperluan Lebaran nanti, Daops 6 juga sudah melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana yang ada di lintasan kereta api di wilayahnya. Pengecekan tersebut untuk memastikan perawatan sudah dilakukan sesuai standar, serta untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

KAI Daop 6 juga menambah penugas pemeriksa jalan, petugas pintu perlintasan, dan petugas-petugas lainnya, termasuk petugas di stasiun. Tadinya masa angkutan Lebaran untuk kereta api dari H-10 sampai H+10 ditambah menjadi H-10 sampai H+15. Sementara itu, untuk pengamanan pihaknya telah menyiapkan 472 orang petugas.

“Untuk pengamanan, kami akan dibantu 134 personil dari kepolisian dan 20 personil dari TNI POM AD,” kata dia

Sementara untuk bangunan fisik, toilet-toilet, hingga tanda-tanda di stasiun sudah dan ada yang sedang dilengkapi dan diperbaiki sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Sebab, mulai tahun lalu dia menerangkan telah melakukan pembenahan dan masih berlangsung hingga sekarang.

Source: SINDO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here