Home DARAT Kereta Api Revitalisasi Trotoar untuk Kenyamanan Pedestrian

Revitalisasi Trotoar untuk Kenyamanan Pedestrian

145
0
SHARE

BM-Berdasarkan pasal 54 ayat (1) UU Perkeretaapian mengatur sebagai berikut, (1) Stasiun Kereta Api untuk keperluan naik turun penumpang sebagaimana dimaksud dalam pasal 35 ayat (3) huruf a paling rendah dilengkapi dengan fasilitas umum termasuk trotoar di sekitar stasiun.

Salah satu usaha yang dilakukan oleh pihak PT. KAI Daop 6 Yogyakarta untuk mengembalikan fungsi trotoar di sekitar kawasan stasiun tugu adalah merevitalisasi fasilitas umum trotoar pedestrian, sesui dengan surat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia nomor: R-4002/10-12/09/2014 tanggal 16 September 2014 tentang tindak lanjut Penertiban Barang Milik Negara (BMN) di Lingkungan PT Kereta Api Indonesia (Persero).

PT. KAI Daop 6 Yogyakarta memiliki dasar yang kuat untuk merevitalisasi fasilitas umum trotoar pedestrian antara lain, adalah surat protes dan keberatan warga RW 03 Sosrowijyan tentang dampak kekumuhan dan ketidak tertiban jalan akibat tidak berfungsinya trotoar. Selain itu juga adanya surat permohonan tindak lanjut penertiban trotoar sisi selatan stasiun tugu sepanjang jalan pasar kembang dari DPP LP3 NKRI, dan masih banyak dasar dasar yang lainnya.

Dalam hal ini PT.KAI tidak memiliki kewajiban penuh terhadap masalah penanganan pedagang melainkan tanggung jawab pemerintah daerah, PT. KAI tidak dapat menjanjikan para pedagang untuk di relokasi namun PT. KAI akan berkoordinasi dengan pihak yang berwenang dengan masalah tersebut.

Revitalisasi fasilitas umum trotoar pedestrian ini dinilai cukup penting karena dalam Undang-Undang juga disebutkan bahwa pejalan kaki memiliki hak atas ketersediaan fasilitas pendukung yang salah satunya berupa trotoar. berdasarkan data dari PBB pada tahun 2016 masih terjadi 288 kecelakaan perharinya yang merenggut korban pedestrian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here