Home DARAT Terminal Pelindo 1 Lakukan Pembangunan Dedicated Terminal

Pelindo 1 Lakukan Pembangunan Dedicated Terminal

109
0
SHARE

BM – Selain melakukan persiapan menyambut Ramadan dan hari Raya Idul Fitri, Pelindo 1 juga melakukan penataan dan pembenahan di Pelabuhan Belawan, sebagai bagian dari program memodernisasi dan mengefektivitaskan pelayanan.

“Saat ini Pelindo 1 sedang melakukan pembangunan Dedicated Terminal berupa Terminal CPO Antar Pulau dan Car Terminal,” kata Corporate Secretary Pelindo 1, M Eriansyah, Rabu (14/6).

Pembangunan Terminal CPO Antar Pulau ini bertujuan untuk menambah kapasitas bongkar muat CPO menjadi sebesar 1,8 juta per tahun, dan dengan adanya Car Terminal untuk menambah kapasitas bongkar muat kendaraan yang semakin meningkat setiap tahunnya.

“Terminal CPO itu nantinya untuk menambah kapasitas bongkar muat CPO,” jelasnya.

Eriansyah menuturkan, penataan yang juga sedang dilakukan saat ini adalah Terminal Holtikultura, yaitu dengan membangun cold storage untuk memfasilitasi produk-produk hortikultura dari hasil pertanian para petani Sumut, untuk dikirim atau diekspor keluar Sumut dan menekan biaya logistik produk holtikultura karena produk tersebut dapat langsung disimpan di Pelabuhan Belawan.

“Terminal Holtikultura itu untuk menyimpan hasil produk pertanian di Pelabuhan Belawan untuk dikirim atau diekspor,” tuturnya.

Eriansyah menambahkan, Pelindo 1 juga sedang membangun terminal multipurpose Pelabuhan Belawan yang terdiri dari Terminal Curah Kering, Terminal General Cargo, dan Dermaga IKD (Industri Kimia Dasar), sehingga akan meningkatkan produktivitas dan kelancaran operasional bongkar muat barang, serta menambah kapasitas bongkar muat komoditi baik curah kering maupun general cargo di Pelabuhan Belawan.

“Pembangunan Shorebase Terminal juga dilakukan untuk terciptanya konsolidasi kegiatan shore base menjadi lebih tertata dan terpusat pada satu terminal shorebase,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here