Home DARAT Kereta Api Puncak Arus Mudik Kereta Api Diprediksi H-2 Lebaran

Puncak Arus Mudik Kereta Api Diprediksi H-2 Lebaran

76
0
SHARE

BM – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop VI menetapkan masa operasi angkutan Lebaran 2017 mulai hari ini, Kamis (15/6/2017). Masa operasi angkutan Lebaran itu berlangsung sampai 11 Juli 2017 (H+15).

Kepala PT KAI Daop VI Hendy Helmy mengatakan, puncak arus mudik angkutan kereta api di DIY diperkirakan terjadi pada Jumat (23/6/2017). Adapun puncak arus balik, diperkirakan terjadi pada Rabu (28/7/2017).

“Prediksi jumlah penumpang pada puncak arus mudik diperkirakan sebanyak 21.667 orang, sedangkan jumlah penumpang pada arus balik diprediksi mencapai 35.267 penumpang,” ucap Hendy di Stasiun Tugu, Jalan P Mangkubumi, Kota Yogyakarta, Kamis (15/6/2017).

Hendy mengatakan, pihaknya tak menyediakan perjalanan kereta api jarak jauh reguler untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat pengguna kereta api pada Lebaran tahun ini. Pada mudik tahun ini, pihaknya juga merilis KA Mataram Premium yang menggunakan rangkaian kereta premium dengan relasi Stasiun Lempuyangan-Stasiun Pasar Senen.

“Kereta api tambahan ekstra Lebaran ini mulai dioperasikan hari ini. Kereta premium ini merupakan kereta ekonomi terbaru dengan fasilitas berbeda dengan kereta ekonomi sebelumnya,” ungkapnya.

Manajer Humas PT KAI Daop 6, Eko Budiyanto menambahkan, jumlah penumpang kereta api yang masuk ke DIY pada arus mudik 2017 lebih tinggi ketimbang 2016. Berdasarkan catatan periode H-10 sampai H+15, jumlah penumpang yang terhitung mencapai 623.657 orang.

“Jumlah itu naik 2 persen dibandingkan tahun lalu yang total penumpangnya mencapai 622.900 orang,” kata dia. Dikatakan Budil, berbagai persiapan operasional telah dilakukan untuk memperlancar angkutan Lebaran tahun ini.

Antara lain, menyediakan alat material untuk siaga (Amus), pendeteksian secara dini kondisi jalan rel, posko daerah rawan, penjagaan ekstra pintu perlintasan rawan kecelakaan, dan lainnya.

“Kami juga siapkan awak cadangan kereta api untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama masa operasi angkutan Lebaran 2017 berlangsung,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here