Home DARAT Soft Launching Kereta Api Trans Sulawesi

Soft Launching Kereta Api Trans Sulawesi

42
0
SHARE

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) berencana menggelar soft launching terhadap mega proyek Kereta Api Trans Sulawesi, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Sulawesi Selatan pada Oktober 2017 mendatang.

Meskipun sudah launching Oktober mendatang, namun mega proyek tersebut belum bisa dimanfaatkan masyarakat, dikarenakan relnya belum rampung.

Plt Bupati Barru Suardi Saleh mengatakan, untuk relnya sendiri saat launching, sudah selesai sampai 16 km. Lokomotifnya juga sudah ada, namun gerbong belum selesai sebab masih dalam proses modifikasi.

“Nanti saat launching perdana saat HUT Sulsel, kereta api belum bisa dimanfaatkan masyarakat luas karena jalurnya yang selesai masih pendek,” ujar Suardi Saleh, Senin (21/8/2017).

Ia menjelaskan, launching nantinya lebih fokus pada jalan layang (fly over). Jika melihat progresnya yang baru sampai 16 kilometer, pembangunan rel kereta api Trans Sulawesi tersebut tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Karena dari awal 2017 panjang rel tetap 16 kilometer.

Sementara Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) tetap ngotot untuk memanfaatkan rel kereta api tersebut. “Saya lagi berusaha keras, untuk mendorong kereta api kita mengambil gerbong, kan lokomotifnya sudah ada,” tegasnya.

Ia menjelaskan, gerbong yang telah disiapkan ternyata tidak pas dengan rel kereta api Trans Sulawesi, karena sumbu kakinya pendek, sementara rel di Sulsel lebar.

“Saya tidak mau tau, kita harus naik 19 atau 20 Oktober nanti. Kemudian pada Maret 2018 saya mau rel kereta api di atas 50 kilometer,” pungkasnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here