Home DARAT Kereta Api Ditjen Perkerataapian Gencar Menyelenggarakan Sosialisasi Keselamatan di Surakarta

Ditjen Perkerataapian Gencar Menyelenggarakan Sosialisasi Keselamatan di Surakarta

126
0
SHARE

Direktorat Jenderal Perkeretaapian kembali menggelar sosialisasi dan promosi keselamatan terhadap masyarakat dan instansi terkait pada 7 September 2017. Kali ini kegiatan berlangsung di kota Surakarta yang merupakan kota ke 7 diadakannya sosialisasi ini.

Tema yang diusung sama dengan tema sebelumnya yakni “Meningkatkan peran serta generasi muda sebagai pelopor keselamatan perkeretaapian.” Sesuai dengan tema, peserta yang diundang adalah perwakilan siswa-siswi SMP dan SMA/SMK se-Surakarta yang berjumlah 140 peserta.

Moderator dalam kegiatan ini adalah kepala bidang lalu lintas Surakarta yakni Sri Baskoro. Narasumber pertama adalah Edi Nur Salam selaku Direktur Keselamatan Perkeretaapian. Narasumber selanjutnya adalah Heri Prihartono selaku Kepala Dinas Perhubungan kota Surakarta, Ida Hidayati selaku Deputy Executive Vice President Daop 6 Yogyakarta serta Mayjend TNI Marinir (Purn) Buyung Lalana selaku staf khusus menteri bidang hubungan antar lembaga Kementerian Perhubungan.

Tujuan diselenggarakannya sosialisasi ini untuk meningkatkan peran serta masyarakat terutama para pelajar dalam mewujudkan keamanan dan keselamatan perkeretaapian. Selain itu banyaknya kecelakaan yang terjadi di perlintasan sebidang juga menjadi salah satu faktor diselenggarakannya sosialisasi ini.

Edi Nur Salam menyampaikan bahwa permasalah terbesar yang saat ini dihadapi adalah kemacetan dan kecelakaan di perlintasan sebidang. Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah pintu perlintasan baik yang sebidang maupun tidak sebidang adalah 5094 dengan jumlah terbanyak di Daop 8 dan Divre 2. Sedangkan untuk data kecelakaan pada perlintasan sebidang di tahun 2016 sebanyak 274 kejadian.

Ida Hidayati menyampaikan bahwa kecelakaan tersebut disebabkan oleh kurangnya kepatuhan dan kedisiplinan pengguna jalan. Selain itu kurangnya pemahaman tentang bahaya di jalur kereta api juga merupakan faktor seringnya terjadi kecelakaan.

Sebagai pelopor keselamatan, diharapkan para peserta dapat menginformasikan apabila terdapat perlintasan liar serta membantu mewujudkan keselamatan perjalanan kereta api.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here