Home DARAT Wika dan KAI Akan Bangun Hunian TOD di Pasar Senen

Wika dan KAI Akan Bangun Hunian TOD di Pasar Senen

58
0
SHARE

BM – PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) melalui anak usahanya yakni PT Wika Gedung bekerja sama dengan PT KAI akan membangun hunian vertikal dengan konsep transit oriented development (TOD) di Stasiun Pasar Senen Jakarta. Setidaknya, ada tiga tower yang akan dibangun.

Direktur Human Capital dan Pengembangan Investasi PT Wika Gedung Nur Al Fatah mengatakan, pencanangan tiang pertama atau groundbreaking bakal terlaksana pada 10 Oktober 2017.

“InsyaAllah kalau enggak ada halangan Menteri, tanggal 10 Oktober-an nanti,” kata dia usai acara Penandatangan Kontrak Kontrak Konstruksi di Hotel Sari Pan Pasific Jakarta, Jumat (6/10/2017)

 Dia mengatakan, dari tiga tower, terdapat satu tower yang diperuntukkan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Dia mengatakan, akan mengalokasikan sekitar 30 persen hunian itu untuk kalangan MBR.

“Nanti peraturannya minimal 20 persen-30 persen untuk MBR, sisanya kita jual ke pasar biasa,” ujar dia.

Nur mengatakan, pembangunan hunian dengan konsep TODini merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan hunian layak. Dia mengatakan, kendati akan groundbreaking, hunian tersebut belum bisa dipasarkan. Saat ini, pihaknya tengah mengurus perizinan untuk pemasaran.

“InsyaAllah tanggal 10 Oktober (groundbreaking), jadi emang ini kan fast track pemerintah mempercepat pembangunan rakyat, penjualan sama perizinan. Harusnya bukan fast track, tapi yang penting perizinan dilakukan duluan, ada tahapannya kalau tahapannya itu kan bisa jualan,” jelas dia

Dia mengatakan, tower tersebut tidak dibangun di atas stasiun. Akan tetapi, dia bilang, lokasinya tidak jauh dari stasiun Pasar Senen.

“Di lokasi stasiun tapi bukan mengangkangi rel, bukan. Tapi ada tanah bebas yang sekarang enggak digunakan ke depan nanti untuk pengembangan berikutnya di stasiun,” ujar dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here