Home DARAT Direktur Utama PT KAI Turun Langsung Cek Kondisi Lintasan

Direktur Utama PT KAI Turun Langsung Cek Kondisi Lintasan

29
0
SHARE

Jogja-Intensitas curah hujan yang tinggi memunculkan potensi bencana di hampir seluruh wilayah Jawa khususnya bagian Selatan. Di beberapa wilayah pulau Jawa bagian selatan, titik-titik rawan dalam kondisi siaga bencana.

Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta terdampak banjir dan luapan air sungai hingga air laut akibat debit hujan yang cukup tinggi disertai angin beberapa hari ini. Dampaknya beberapa tebing longsor, beberapa jembatan roboh tergerus air, ada sejumlah rumah terdampak longsor dan perkampungan terendam air, jalan beraspal yang terendam banjir mengalami kerusakan dan lintasan rel terganggu karena adanya longsoran.

Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro vek langsung kondisi sekitar rel yang berpotensi longsor
Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro vek langsung kondisi sekitar rel yang berpotensi longsor

Di wilayah Daerah Operasi (Daop) 6 sendiri, titik rawan di ruas Maguwo-Brambanan sempat terkena dampak dan terancam longsor. Mengetahui kejadian ini pihak PT KAI Daop 6 segera mengirim tim bidang Jalan dan Jembatan (JJ) yang siap setiap waktu selama 24 jam untuk pengkondisian lintasan rel yang berpotensi terdampak seperti di ruas Kaliyoso hingga Gundih karena kontur tanah di lokasi tersebut tidak stabil.

Tim Jalan dan Jembatan Daop 6 siap siaga 24 jam amankan titik rawan bencana yang dilintasi rel kereta api
Tim Jalan dan Jembatan Daop 6 siap siaga 24 jam amankan titik rawan bencana yang dilintasi rel kereta api

Meskipun terdapat titik longsor, namun kereta api masih dapat melintas dengan memanfaatkan rel di sisi lain yang tidak terdampak longsor dengan kecepatan terbatas sekitar lima kilometer per jam. Di titik tersebut masih bisa dioptimalkan karena sudah memiliki jalur ganda.

Seperti apa yang telah disampaikan Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro pada saat memberikan kuliah umum di Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta (UNS) lalu. Bahwa ia memprioritaskan faktor keselamatan. Hal ini ia buktikan dengan turun langsung ke beberapa lintasan rel yang menjadi titik rawan bencana untuk memastikan apakah lintasan yang terdampak masih aman untuk dilalui sekaligus memastikan kesiapan dan antisipasi yang telah dilakukan masing-masing Daerah Operasi (Daop).

Direktur Utama PT KAI beridalog dengan jajaran pejabat Daop 6 di ruang Joglo Stasiun Tugu Yogyakarta
Direktur Utama PT KAI beridalog dengan jajaran pejabat Daop 6 di ruang Joglo Stasiun Tugu Yogyakarta

Edi Sukmoro menggunakan Kais Wijaya Kusuma didampingi Direktur Operasi Slamet Suseno Priyanto dan beberapa staf yang berangkat dari stasiun Surabaya menyusuri lintasan rel hingga tujuan akhir di stasiun Bandung. Dalam perjalanannya rombongan Kais Wijaya Kusuma dijadwalkan berhenti di setiap Stasiun bertemu Ka Daop masing-masing untuk melakukan koordinasi (29/11/2017).

Tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta pukul 13.30 wib, Edi beserta rombongan didampingi Ka Daop 6 Yusren berdiskusi singkat di ruang Joglo stasiun Tugu. Tak lama kemudian Edi berserta rombongan harus segera berangkat lagi untuk mengunjungi banyak stasiun lagi yang tersisa hingga sampai di tujuan akhir stasiun Bandung. Ini merupakan bentuk aktualisasi dan keseriusan Edi dalam memprioritaskan faktor keselamatan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan setia dan penumpang kereta api.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here