Home DARAT Kedepannya Jakarta-Surabaya Hanya Butuh Waktu Lima Jam

Kedepannya Jakarta-Surabaya Hanya Butuh Waktu Lima Jam

50
0
SHARE

BM-Kementerian Perhubungan bekarjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi menyelenggarakan Seminar Peningkatan Koecepatan Kereta Api Koridor Jakarta-Surabaya pada 7 Desember 2017 di gedung pasca sarjana Universitas Gadjah Mada. Seminar ini dihadiri oleh perwakilan dari PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta, Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta, Akademisi UGM dan mahasiswa umum.

Pembicara dalam acara kali ini adalah perwakilan dari Badan Pengkajian dan Percepatan Teknologi (BPPT), Japan International Cooperation Agency, Korea Railway Network Authority dan Dr. Ing. Bernhard Lechner, Chair and Institute of Road (Prof. Freundenstein), Railway and Airfield Construction, Die Technische Universität München.

Dalam seminar ini Menteri Perhungan, Budi Karya Sumadi memberikan sambutan. Ia mengatakan bahwa kedepannya pemerintah Indonesia bermaksud untuk memodernisasi jalur kereta api antara Jakarta-Surabaya agar kecepatan kereta api dapat lebih cepat. “Kereta api akan menambah kecepatan, yg tadinya jarak tempuh jakarta-surabaya 9 jam menjadi 5 jam dengan kecepatan 150-200 km/jam” ungkapnya.

Sebelumnya BPTT bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) bekerja sama dengan menandatangani nota kesepahaman (MoU) prastudi kelayakan peningkatan kecepatan kereta api Jakarta-Surabaya. Tidak hanya menggandeng ITB, BPTT juga bekerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya dan Universitas Diponegoro Semarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here