Home DARAT Patuhi Peraturan Dari Sekarang!

Patuhi Peraturan Dari Sekarang!

59
0
SHARE

BM-Kasus kecelakaan yang melibatkan Kereta Api dan pengguna jalan raya diperlintasan semakin banyak terjadi. Penyebabnya dikarenakan pelanggaran dan kelalaian pengguna jalan raya yang seolah masa bodoh dengan peraturan yang ada.

Kalau kita merujuk kepada peraturan yang ada, Kereta Api harus didahulukan, hal ini sudah tertuang di dalam Undang-Undang (UU) No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 114 menyatakan bahwa : Pada pelintasan sebidang antara jalur KA dan jalan, pengemudi kendaraan wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi dan palang pintu KA sudah mulai ditutup, serta wajib mendahulukan kereta api.

Senada dengan peraturan di atas, UU No 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian Pasal 90 poin d) mengatakan bahwa : Penyelenggara Prasarana Perkeretaapian berhak dan berwenang mendahulukan perjalanan kereta api di perpotongan sebidang dengan jalan. Pasal 124 menyatakan bahwa : Pada perpotongan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api.

Para pengguna jalan raya baik itu pengendara mobil, motor, bus hingga kendaraan lainnya sudah sepatutnya bertanggung jawab atas keselamatan dirinya dengan memahami peraturan perkeretaapian, karena selama berada di sepanjang jalur kereta api, maka prioritas yang paling diutamakan ialah keselamatan perjalanan kereta api.

Masyarakat harus memiliki kesadaran penuh bahwa peraturan dan peralatan pendukung keselamatan perjalanan kereta api di perlintasan sebidang pada tujuannya untuk menjaga keselamatan perjalanan kereta api dan mendukung keselamatan lalu lintas kereta api.

Oleh karena itu, para pengguna jalan raya harus tetap berhati-hati dan selalu fokus, ada atau tidak ada penjaga maupun fasilitas perlintasan sebidang, saat berada di area tersebut haruslah memperhatikan seluruh tanda-tanda keselamatan dan rambu-rambu yang ada. Masyarakat juga harus mengetahui bahwa ada sanksi/hukuman yang ditetapkan pemerintah bagi penerobos pintu perlintasan sebidang.

Keselamatan adalah hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi! Mari mulai dari sendiri untuk tertib dan patuh aturan dimanapun kita berada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here