Home DARAT Demi Keselamatan, Kereta Api Wajib Diprioritaskan

Demi Keselamatan, Kereta Api Wajib Diprioritaskan

53
0
SHARE

BM-Belakangan ini banyak berita tentang kecelakaan yang melibatkan kereta api dan pengguna jalan yang muncul di portal media online, salah satunya adalah bantennews.com dengan judul “Kecelakaan Kereta Tabrak Xenia di Seneja, Satu Keluarga Warga Cibeber”

Tidak hanya dari bantennews, banyak pemberitaan lain tentang kecelakaan yang melibatkan kereta api dan judulnya pun rata-rata sama, berikut contoh judul yang diambil dari beberapa media online yakni “Mobil Ditabrak Kereta di Ciputat, Tiga Orang Tewas” dan “Ditabrak Kereta Api, Minibus Ringsek”.

Dilihat dari judulnya, kejadian ini seolah salah kereta api yang muncul secara tiba-tiba dan menabrak pengguna jalan lain. Dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 114 menyatakan bahwa pada pelintasan sebidang antara jalur KA dan jalan, pengemudi kendaraan wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi dan palang pintu KA sudah mulai ditutup, serta wajib mendahulukan kereta api.

Selain itu dalam UU No 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian pasal 124 menegaskan bahwa pada perpotongan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api.

Dari kedua UU tersebut bisa disimpulkan bahwa kereta api tidak menabrak kendaraan lain tetapi kereta api lah yang ditabrak karena kereta api memiliki jalur sendiri dan wajib menjadi prioritas utama.

Kita harus menjadi pengguna jalan yang bijak dan cerdas, jangan bertindak ceroboh dengan menerobos palang pintu perlintasan yang akan ditutup. Tengok kanan dan kiri sebelum melintasi perlintasan kereta api yang tidak memiliki palang dan laporkan kepada pihak PT. KAI setempat apabila menemukan pintu perlintasan liar. Sekali lagi, utamakan keselamatan dengan mendahulukan kereta api.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here