Home DARAT Kereta Api Bandara Adi Soemarmo akan Dioperasikan Tahun Depan

Kereta Api Bandara Adi Soemarmo akan Dioperasikan Tahun Depan

46
0
SHARE

BM – Minggu, 1 April 2017 Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung Sky Bridge Stasiun Solo Balapan didampingi oleh FX Hadi Rudyatmo selaku Walikota Solo, Sekretaris Jenderal Perkeretaapian, Direktur Prasarana Dirjen Perkeretaapian, Kepala BTP Jateng, EVP dan Deputy EVP beserta jajaran Manager PT. KAI Daop 6 Yogyakarta.

Kedatangan Budi Karya ini untuk meninjau langsung progres pembangunan KA Bandara Adi Soemarmo yang target selesai pada akhir tahun ini. “Ya proses pengerjaan sendiri akan selesai Desember tahun ini, dan akan dioperasikan awal tahun 2019” ucapnya.

Kereta Api Bandara akan terhubung langsung dengan Stasiun Solo Balapan sebagai Main Gate dan akan melewati Sky Bridge untuk langsung menuju peron 8, 9 dan 10 di sebelah utara Stasiun Solo Balapan dengan kontruksi dua tingkat, untuk peron di bawah dan ruang tunggu di atas.

Yurish Wibawa selalu Project Director Daop 6 Yogyakarta juga menambahkan “Untuk pengerjaan kontruksi peron sendiri akan dilakukan pada bulan Mei dengan luasan 5000 m2 dan sekarang masih dalam proses pelelangan.”

Kereta yang akan digunakan nanti adalah Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) dengan kapasitas normalnya sekitar 200 penumpang. Untuk kapasitas maksimal bisa mencapai 492 sampai 589 penumpang sudah termasuk penumpang yang berdiri.

“Untuk jadwal perjalanan kereta sendiri masih dalam tahap pengkajian tergantung kebutuhan masyarakat nantinya,” tutup Yusrish.

Pembangunan Kereta Api Bandara Adi Sumarmo sendiri telah direncanakanan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada April 2017. Kereta ini akan menghubungkan Bandara Adi Sumarmo yang berada di wilayah Boyolali dengan Stasiun Solo Balapan dan Terminal Tirtonadi.

Adapun jarak tempuh yang dilalui nantinya adalah 13,5 kilometer (km), di mana 10 km adalah jalur baru dan 3 km jalur eksisting. Dengan adanya kereta bandara ini, nantinya Stasiun Solo Balapan ke Bandara hanya ditempuh dengan 15 menit perjalanan.

Semoga pembangunannya bisa berjalan dengan lancar, dan masyarakat yang dilewati proyek pembangunan ikut mendukung proyek yang cukup berarti bagi masyarakat Solo ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here