Home DARAT Kereta Api Peduli Sesama Rail Clinic dan Rail Library Hadir di Stasiun Kalioso

Peduli Sesama Rail Clinic dan Rail Library Hadir di Stasiun Kalioso

67
0
SHARE

BebasMacet.com ~ Dalam rangka peduli terhadap masyarakat sekitar perlintasan kereta api. PT. KAI (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta melakukan corporate social responsibility (CSR) di Stasiun Kalioso.

CSR yang dilakukan PT. KAI (Persero) ini merupakan bukti nyata BUMN Hadir Untuk Negeri. Perusahaan penyedia jasa transportasi kereta api tersebut memberikan CSR berupa pengobatan gratis pada masyarakat yang tinggal di sekitaran Stasiun Kalioso Kab. Karanganyar, Kamis (25/10).

Uniknya acara CSR ini pengobatanya dilakukan langsung di atas kereta api. Kereta yang digunakan dalam bakti sosial ini menggunakan Rail Clinic generasi ke 4.

Rail clinic generasi ke 4 ini digunakan di seluruh daerah operasi yang ada di jawa. Dalam kereta ini terdapat 4 gerbong yang mana 2 gerbong digunakan untuk layanan kesehatan dan 2 gerbong lagi digunakan sebagai perpustakaan (Rail Library).

Layanan kesehatan yabg disediakan di dalam Rail Clinic ini terdapat pelayanan kesehatan tingkat awal meliputi pemeriksaan umum, gigi, USG, pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan mata, serta kefarmasian.

Sedangkan di dalam Rail Library, terdapat perpustakaan manual dengan beragam buku bacaan anak sampai dewasa. Selain itu, tersedia fasilitas e-library yang dilengkapi enam buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, serta lagu anak-anak. Selain itu juga terdapat tempat belajar yang nyaman.

Manager Humas PT KAI Daop 6, Eko Budiyanto mengatakan bahwa pengobatan melalui Rail Clinic ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan warga di sekitar wilayah kerja PT KAI Daop 6 menjadi lebih baik. “Kepada masyarakat yang tinggal berdekatan dengan stasiun atau rel kereta api, kami harapkan untuk ikut menjaga keamanan perjalanan kereta api dan aset-aset yang menjadi milik PT KAI,” ungkap Eko Budiyanto.Pada kegiatan pelayanan kesehatan kali ini, PT KAI Daop 6 bekerjasama dengan Muspika setempat dalam penyampaian undangan pelayanan kesehatan dengan jumlah 300 undangan. Selain itu juga dilaksanakan pembagian kacamata gratis kepada siswa/siswi SDN 1 Tuban, SDN 2 Tuban, SDN 3 Tuban, Kec. Gondangrejo, Karanganyar dengan total 50 buah kacamata. Setelah pembagian kaca mata acara dilanjutkan acara sosialisasi keamanan dan ketertiban di sekitaram jalur kereta api.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here